Laman

Kamis, 29 Desember 2011

Kebudayaan Dan Kepribadian

Bab 2


Kebudayaan dan Kepribadian : banyak sekali kebudayaan dan kepribadian seseorang yang ada di indonesia ,contoh yang saya ambil adalah kebudayan didaerah sumatera disana biasa orang beranggapan jika dia memilki anak laki-laki maka dia akan merasa senang ,karena anak laki-laki di daerah sumatera ,khususnya di batak anak laki-laki itu bisa meneruskan suatu marga yang ada pada ayahnya.masalah kepribadianya biasanya orang batak jika berbicara pasti mengerluarkan kata-kata yang sedikit agak keras,banyak orang beranggapan jika mereka sedang berbicara bahwasanya meraka sedang adu mulut.padahal itu memang sudah jadi kebiasaan orang-orang batak.
Pasti kita semua pernah ketemu dengan orang batak,tetapi dia tahu dalam
mengartikan dan menggunakan bahasa batak,bahkan hanya untuk sekedar saja dia
tidak dapat menunjukkan bataknya?

Mengapa hal itu bisa terjadi ? Kalau saya melihat disebabkan tidak pernahnya
orang tua mengajarkan anak-anaknya mempergunakan bahasa batak baik dalam
percakapan sehari-hari di dalam rumah.

Dan hal ini kebanyakan terjadi bagi orang-orang batak yang telah lahir di luar
daerah batak seperti jakarta,bandung dan lainnya tetapi tidak tertutup
kemungkinan di daerah batak sendiri.

Dan masih banyak hal lagi yang kita hadirkan sendiri di dalam memunahkan bahasa
daerah kita yang kononnya merupakan salah satu bentuk integritas diri kita yang
tidak boleh dihilangkan.Dan bila kita memunahkan bahasa batak itu sama artinya
kita menenggelamkan diri kita kedalam kerumunan massa yang tidak berindentitas.

Jika “Bahasa Batak Punahâ€Â
 Mengapa “Budaya batak juga ikut punahâ€Â ??

Ya,kepunahan suatu budaya berakar dari kepunahan suatu bahasa daerah.

Apabila bahasa daerah kita telah punah maka kebudayaan kita juga lambat laun
akan turut punah.

Salah satu contoh budaya batak yang terancam punah menurut saya yaitu AKSARA
BATAK.Hal ini saya ungkapkan karena semakin dikitnya orang batak yang dapat
menuliskan dan membaca aksara batak bahkan penggunaan aksara batak juga sudah
jarang terjadi.

Jika dulu saat SD dan SMP kita yang sekolah di kampung (daerah batak)masih
mendapat pelajaran Muatan Lokal yang mempelajari bahasa batak.Tetapi sekarang
ini pelajaran itu tidak ada lagi di sekolah-sekolah.Apakah pemerintah juga turut
memunahkan Bahasa Daerah??

Mari kita lestarikan bahasa batak dan budaya batak yang pernah terdengar sebagai
budaya yang sangat besar di dunia ini yang membuat semua orang-orang bahkan dari
luar negeri tertarik untuk mempelajari.

Dengan demikian pengakuan publik akan tetap eksis terhadap bangso batak bangso
na balga.

Fungsi keluarga:ini sangat penting contoh pada keluarga orangtua saya,apabila dalam suatu keluarga tidak ada kekompakan maka yang akan timbul adalah masalah,percecokan,dan tidak harmonis.hal seperti yang saya jelaskan biasanya hal tersebut tidak akan diinginkan ,karena dapet membuat gelisah,keluarga bisa diartikan tempat saling tukar fikiran antara kepala keluarga ,penyeimbang keluarga serta para-para calon keluarga ,yang dimana suatu kepala keluarga akan mengayomi keluarganya dengan bebagai cara masing-masing.saya berfikir bagaimana jika suatu keluarga dipisahkan antara jarak yang cukup jauh ,memang bukan karena apa-apa ,akan tetapi yang membuat keadaan seperti itu mengenai tugas dari suatu badan milik negara yang bergerak di bidang jaminan sosial tenaga kerja atau JAMSOSTEK.kebetulan ayah saya di pindah tugaskan di medan,untuk saat ini saya tinggal bersama kakak saya,jangan salah saya sudah ditinggal oleh orangtua saya selama 5 tahun lamanya ,disini saya memang kurang mendapatkan peran dari seorang ayah,tetapi saya bisa meniru betapa kerja kerasnya ayah saya di sana,sampai-sampai ayah saya telah lulus kuliah pasca sarjananya dia mengambil fakultas hukum.saya merasa sangat senang memiliki orangtua yang beroendidikan tinggi .jadi pada intinya,fungsi keluarga bagi saya sangat penting.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar