Laman

Kamis, 29 Desember 2011

Hubungan Antara Individu,Keluarga Dan Masyarakat

Bab3
HUBUNGAN ANTARA INDIVIDU,KELUARGA DAN MASYARAKAT:
Individu:Manusia  adalah   mak.hluk   individu.  Makhluk  individu  berarti   makhluk yang  tidak   dapat  dihagi-bagi, tidak  dapat   dipi  ah-pisahkan  antara jiwa  dan raganya.Para  ahli  Psikologi  modern  menegaskan  bahwa  manusia itu  merupakan suatu   kesatuan  _pwa  raga   yang   k.eg1atannya   sebagai  keseluruhan,  sebagai kesatuan. Keg1atan  manu Ia sehari-hari merupakan kegiatan keseluruhan jiwa raganya. Bukan  hanya  kegiatan alat-alat tubuh  saja,  atau  bukan  hanya  aktivitas dari  kemampuan-kemampuan jiwa  satu  persatu terlepas daripada yang  lain.
MAKNA  KELUARGA:Keluarga adalah merupakan kelompok  primer yang paling penting di dalam masyarakat. Keluarga merupakan sebuah group yang  terbentuk dari perhubungan laki-laki dan  wanita, perhubungan mana  sedikit banyak berlangsung lama untuk  menciptakan dan membesarkan anak-anak. Jadi keluarga dalam  bentuk  yang murni  merupakan satu kesatuan sosial  ini mempunyai sifat-sifat tertentu yang  sama, dimana saja  dalam  satuan masyarakat manusia.

MAKNA  MASYARAKAT:Seperti  halnya  dengan  definisi  sosiologi yangbanyak jumlahnya kita dapati pula  definisi  defini-,i   tentang  masyarakat  yang   juga   tidak   sedikit.  Definisi adalah  sekedar  alat   ringkat  untuk   memberikan  batasan-batasan  mengenai se uatu  persoalan atau   pengertian ditinjau  daripada  analisa


Homogenitas Sosial
                                                
Bahwa masyarakat desa  pada  umumnya terdiri dari  satu  atau  beberapa kekerabatan saja,  sehingga pola  hidup  tingkah laku  maupun kebudayaan sama/homogen. Oleh  karena itu  hidup  di  desa  biasanya terasa  tenteram aman  dan  tenang. Hal  ini  disebabkan oleh  pola  pikir,  pola  penyikap dan pola  pandangan yang  sama  dari  setiap warganya dalam  menghadapi suatu masalah.  Kebersamaan,  kesederhanaan  keserasian  dan   kemanunggalan selalu   menjiwai setiap warga   masyarakat desa  tersebut.

Hubungan Primer

Pada masyarakat desa hubungan kekeluargaan dilakukan secara musyawarah. Mulai  masalah-masalah umum/masalah bersama sampai masalah  pribadi.  Anggota  masyarakat  satu   dengan  yang   lain   sating mengenal secara  intim. Pada  masyarakat desa  masalah kebersamaan dan gotong  royong  sangat  diutamakan, walaupun secara  materi  mungkin sangat kurang atau  tidak   mengijinkan.



URBANISASI DAN URBANISME
  Biasanya proses ini terjadi dimana pertumbuhan penduduk di desa sudah lumayan banyak ,jadi sebagian penduduknya berpindah dari desa ke kota.
 Disini saya ambil contoh yang terjadi pada masyarakat di desa pekalongan disini sudah banyak penduduk yang mendiami suatu wilayah tersebut,lapangan pekerjaanpun sudah cukup terbatas di wilayah ini jadi sebagian penduduk yang ada di wiliyah ini memiliki pemikirian untuk kemajuan dirinya ,jadi sebagian penduduk pada pindah ke kota-kota besar untuk mencari peruntungan disana ,bermacam” para penduduk yang dari desa bekerja di kota-kota dari mulai jadi supir,pedagang,tukang parkir sampai bisa saja menjadi pekerja kantoran,apabila para penduduk yang berasal dari desa ini melanjutkan sekolahnya ke perguruan tinggi atau yang biasa disebut <kuliah> ,sebelum para penduduk desa mendiami suatu kota” besar ,biasanya mereka harus memiliki KTP yang berasal dari kota-kota tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar