Grafika komputer (Computer graphics) adalah bagian dari ilmu
komputeryang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual)
secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika
komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer3D,
pemrosesan citra (image processing),dan pengenalan pola (pattern
recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah
visualisasi data
Aplikasi grafika komputer
Grafika komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai
dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. Berikut
adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer:
• Antarmuka pengguna (Graphical User Interface – GUI)
• Peta (Cartography)
• Kesehatan
• Perancangan objek (Computer Aided Design – CAD)
• Sistem multimedia
• Presentasi grafik
• Presentasi saintifik
• Pemrosesan citra
• Simulasi
Pembagian grafika komputer
Bagian dari grafika komputer meliputi:
• Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
• Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
• Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
• Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang
mendefinisikan sebuah cross-bahasa, cross-platform API untuk menulis
aplikasi yang menghasilkan komputer 2D dan 3D grafis. Antarmuka terdiri
dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan
untuk menggambar tiga dimensi yang kompleks adegan-adegan dari primitif
sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada
tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD, virtual reality,
visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal
ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D
on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL
dikelola oleh sebuah teknologi nirlaba konsorsium yaitu Khronos Group.
Desain permodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer. Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer:
1. Pemodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
2. Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3. Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.
4. Graphics Library/package (contoh : OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware(Graphics System).
5. Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
6. Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
7. Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.
Kerangka Grafik Komputer
Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras yang diperlukan untuk keperluan grafis antara lain :
1. Procesor
CPU (Central Processing Unit) merupakan otak komputer, Di dalam komputer
CPU lah yang membuat semua perhitungan, instruksi dan menerjemahkan
instruksi dari aplikasi komputer. Komponen procesor (CPU, Central
Processing Unit) yang dibutuhkan dalam hal ini harus memiliki kemampuan
tinggi dalam menghitung fungsi matematis yang rumit. Sebagai contoh
adalah proses pengolahan gambar yang rumit
seperti rendering.
2. Kecepatan (clock)
Kendati prosesor sudah mendukung, tetapi jika kerja komputer itu lambat
maka tenaga yang kuat itu tidak dimanfaatkan secara maksimal. Oleh
karena itu masalah kecepatan (clock ) juga perlu mendapat perhatian
sendiri. Dengan frekuensi (Hz) yang tinggi maka kinerja komputer juga
semakin tinggi. Tapi perlu diingat bahwa produk yang
dibuat dengan hanya mengandalkan clock yang tinggi belum tentu menjamin kehandalan kerja komputer.
3. Monitor
Monitor adalah piranti untuk melihat sesuatu, juga disebut layar atau
tampilan. Sesuatu yang dirancang atau digambar perlu dilihat dengan
layar komputer. Oleh karena itu diperlukan layar yang mampu menampilkan
gambar dalam resolusi(kerapatan) yang tinggi. Hal ini sangat perlu
karena menyangkut presisi gambar atau rancangan yang akan dihasilkan.
Semakin tinggi resolusi layar yang digunakan semakin pemakai dapat
mengamati dengan lebih teliti rancangan yang berpresisi
tinggi agar diperoleh hasil yang lebih bagus.
4.Kartu VGA (VGA card)
Kartu VGA berfungsi untuk merubah sinyal-sinyal komputer menjadi sinyal
gambar yang akan ditampilkan ke dalam monitor. Kartu VGA ini juga
berperan besar dalam proses penampilan warna dalam monitor, khususnya
untuk gambar-gambar beresolusi tinggi.
5. Memori (RAM)
Dalam menggunakan program desain atau gambar yang mempunyai resolusi
serta presisi tinggi, maka sebaiknya menggunakan RAM yang berkapasitas
besar. Karena dalam menangani file-file gambar berkapasitas besar akan
mempercepat proses dan menghindari kemungkinan komputer hang ataucrash.
6. Perekam (Hard Disk)
Gambar-gambar yang telah dibuat tidak akan ditinggalkan begitu saja,
juga belum tentu langsung jadi dalam sekali kerja. Oleh karena itu perlu
media penyimpanan untuk menampung informasi gambar tersebut. Semakin
tinggi resolusi gambar semakin banyak informasi yang harus direkam. Hal
ini tentu saja membutuhkan space (tempat) penyimpanan yang lebih besar.
Pemakaian hard disk sudah menjadi keharusan. Hard disk seringkali
disebut hard disk drive, yaitu kumpulan piringan yang berputar dalam
komputer yang berfungsi menyimpan file data.
7. Printer
Gambar yang telah dirancang dengan menggunakan komputer dapat
direproduksi dengan menggunakan printer. Untuk menghasilkan mutu gambar
yang bagus biasanya digunakan printer jenis laser. Selain untuk mencetak
hasil akhir suatu pekerjaan printer juga untuk pengecekan gambar
pra-cetak.
8. Perekam gambar (Scanner)
Untuk keperluan menggambar, pemakai komputer membutuhkan suatu kerangka
gambar. Untuk itu diperlukan suatu peralatan masukan yang dapat menerima
citra gambar atau bahkan suatu bentuk tiga dimensi. Peralatan tersebut
adalah scanner dan kamera elektronik. Scanner berfungsi untuk memasukkan
citra gambar (dua dimensi) ke dalam komputer. Setelah gambar diterima,
selanjutnya gambar dapat diubah-ubah sesuai keinginan (di-edit).
9. Kamera
Citra obyek tiga dimensi tidak mungkin dapat ditangkap oleh scanner.
Untuk itu digunakan sebuah kamera yang bekerja seperti mata manusia.
Informasi yang diterima oleh kamera diubah menjadi bentuk digital,
kemudian diteruskan kepada komputer. Kamera dilengkapi dengan dengan
fasilitas pencerna warna, karena itu citra yang berwarna akan otomatis
terekam berikut warnanya dalam komputer.
10. Mouse
Dalam proses pengerjaan menggambar atau mendesain, sering kali pemakai
computer berpindah-pindah dari posisi gambar satu ke posisi gambar
lainnya. Oleh karena itu diperlukan bantuan peralatan yang mampu
mengaksesnya secara cepat. Peralatan tersebut adalah mouse, dan bukan
keyboard. Dengan menggunakan keyboard mungkin gerakan yang dilakukan
bisa lebih presisi, namun perpindahan posisi bisa sangat lambat. Dengan
menggunakan mouse hal tersebut bisa lebih cepat dilakukan.
Kelebihan dengan menggunakan mouse adalah lebih mudahnya melakukan proses terhadap gambar yang sedang dihadapi.
Perangkat Lunak (software)
Pemakaian komputer dalam dunia grafis di bagi dalam beberapa golongan.
Diantaranya adalah kelompok paket program yang berfungsi untuk
menggambar (seni),untuk keperluan animasi, untuk desain atau merancang,
dan untuk menunjang keperluanpublikasi. Perangkat lunak yang diperlukan
untuk keperluan grafis antara lain :
1. Pengolah Grafis 2 D
Kelompok yang pertama dikategorikan sebagai program grafis yang
berfungsi untuk menggambar, desain, atau ilustrasi. Termasuk di dalamnya
adalah program-program
kecil yang biasa dimanfaatkan untuk membuat kartu ucapan selamat,
sertifikat, logo,dan sejenisnya. Produk-produk berbasis grafis 2D yang
tersedia antara lain :
• Adobe Photoshop
• Adobe Illustrator
• Adobe Pagemaker
• Macromedia FreeHand
• Corel DRAW
2. Pengolah Grafis 3 D
Pengolah grafis animasi dipisahkan tersendiri karena memiliki
fungsi-fungsi khusus yaitu untuk menayangkan gambar demi gambar dengan
berbagai macam efek yang menarik. Dengan demikian software jenis ini
sangat cocok untuk dipakai mempresentasikan sesuatu.Adapun paket-paket
berbasis grafis 3D yang tersedia adalah antara lain:
• Kinetix 3D Studio Max
• Specular Infini-D
• Fire
• Flame
• Flint RT
• Softimage 3D
• Wafefront’s Power Animator
• Macromedia Extreme 3D
mau tau yang lebih lengkap lagi klik disini http://en.wikipedia.org/wiki/Computer_graphics
Sumber: Kimymoura.blog
Tidak ada komentar:
Posting Komentar