Laman

Sabtu, 31 Maret 2012

PENGENALAN BLENDER


Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat opensource, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender memiliki video compositor dan intergrated game engine. Karya yang dihasilkan tidak ada sifat royalt kepada developer, dan dapat dipublikasikan baik free maupun untuk dikomersilkan. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya. Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki Game Engine sendiri dan menggunakan Python sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll. Blender menggunakan OpenGL sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux dan Mac OS X. Gambar berikut merupakan sebuah screenshot dari salah satu project game yang dibuat menggunakan Blender. Saat ini Blender sudah mengeluarkan versi yang terbarunya, yaitu Versi 2.49 yang lebih ditujukan untuk pembuat game. Karena Versi ini memiliki fitur-fitur baru yang dirancang untuk membuat tampilan game yang lebih realistis dari pada versi sebelumnya.
Blender 2.49 memiliki fitur baru seperti:
Video Texture
Real-time GLSL
Material
Game Logic
Bullet SoftBody
Python Editor
Multilayer Textures
Physics
Render Baking dan Normal Mapping
dan lain – lain.
Blender merupakan suatu software untuk membuat suatu grafik 3D dari pembuatan objek 3D, pembuatan animasi 3D sampai pembuatan Game 3D. Untuk pembuatan dasar objek 3D di blender ini dengan cara membuat sebuah geometri objek yang ada pada tampilan pada pilihan mesh, dengan cara menekan space pada keyboard kemudian pilih add kemudian pilih Mesh.
Terdapat banyak macam geometri dasar seperti :
- Plane
- Cube
- Circle
- UVSphere
- IsoSphere
- Cylinder
- Cone
- Grid
- Monkey
- Empty Mesh
- Torus
Setiap pembuatan objek tersebut bisa dilakukan suatu perintah transformasi yaitu dapat melakukan pergeresan pada objek, dilatasi pada objek dan rotasi pada objek. Menggunakan fasilitas transformasi tersebut dapat dilakukan dengan cara menekan space pada keyboard kemudian pilih Transform. Disana banyak pilihan transformasi. Setelah mengetahui pembuatan objek dasar serta memanipulasi objek itu sendiri, blender dapat memberikan tekstur pada objek dengan cara UV Mapping. Untuk melakukan itu ada blender dapat dilihat pada window type di blender dan pilih UV/Image Editing.
Pemakaian Kamera
Tracking Camera adalah satu set kamera+armature, dengan satu tulang untuk representasi target dan satu untuk kamera, membuat tracking shot lebih mudah. Fiturnya saat ini masih minimal, tanpa opsi. Untuk instalasi, Salin ke folder ‘scripts’, lalu dari jendela Scripts Window pilih Scripts -> Update Menus atau sekalian restart Blender. Plugin ini akan muncul di Scripts -> Add -> Tracking Camera. Plugin ini otomatis membuat bone kamera terpilih (langsung siap dianimasikan) dan mengaktifkan kamera (menggantikan kamera aktif sebelumnya).
Import Objek
Salah satu kelebihan Blender adalah kemampuan program untuk menerima beberapa jenis file generik 3D dari program lain. Paling populer digunakan adalah:
a. VRML (. Wrl) file – Banyak program yang mampu mengekspor file sebagai VRMLs. SolidWorks adalah contoh yang baik yang kita gunakan. File-file ini diimpor ke Blender tanpa masalah dalam banyak kasus.
b. DXF file – format file yang sangat populer untuk mengekspor dan berbagi. Perangkat lunak arsitektur tradisional seperti AutoCAD dan SoftPlan dapat mengekspor dengan file berbentuk .DXF format. Sekali lagi, Blender biasanya menerima file ini tanpa masalah.
Untuk menyimpan file dalam format di atas dari program lain, Anda perlu untuk menemukan perintah export atau “save as”. Ini akan bervariasi tergantung pada program yang anda gunakan. Lihat rujukannya pada file help. Untuk mengimpor file VRML atau DXF menjadi sebuah adegan dalam Blender, buka gambar baru atau file yang Anda ingin masukkan objek (s) ke dalamnya. Anda hanya perlu menggunakan perintah Open File pada menu pull-down. Program tahu bahwa Anda sedang mencoba untuk membuka sesuatu selain file .blend dan akan memasukkan ke file kerja Anda. Sekarang anda perlu untuk mencari objek (s) yang baru saja disisipkan. Tergantung pada bagaimana benda itu digambar,mungkin anda perlu mengubah ukurannya atau memutarnya. Interface Blender Tampilan default user interface dari program blender adalah sebagai berikut :
Terdiri dari 3 jendela, yaitu :
1. Jendela paling atas adalah jendela User Preference.
Merupakan menu bar atau kumpulan menu-menu yang digunakan untuk mengatur tampilan dari user interface.
2. Jendela yang ditengah adalah 3D view.
Jendela tipe ini digunakan untuk semua proses editing objek 3 dimensi.
3. Jendela paling bawah adalah Button Window.
Jendela ini digunakan untuk mengubah dan mengedit berbagai macam informasi dari objek yang telah dibuat, misalnya material, light, animation, render, dll.
Keunggulan & Kelemahan B L E N D E R
• Keunggulan Blender 3D
- Interface yang user friendly dan tertata rapi.
- Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping,texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
– Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
- Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
– Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas.
– File Berukuran kecil.
– Free (gratis).
Adapun keunggulan Interface pada Blender secara umum adalah sebagai berikut :
- Revolusioner yang tidak tumpang tindih dan non-blocking UI memberikan alur kerja tak tertandingi.
- Fleksibel dan bisa diatur tata letak jendela dengan layar setup sebanyak yang anda suka dengan dukungan terjemahan internasional
– Setiap jendela ruang dapat dengan mudah beralih ke jendela apapun jenis (kurva editor, NLA, tampilan 3D dll)
– Text editor untuk penjelasan dan mengedit skrip Python
– Custom tema
– Antarmuka konsisten di semua platform
Pengenalan COREL DRAW
A. Pengertian Aplikasi Grafis Corel Draw 12
Corel draw 12 adalah sebuah aplikasi grafis berbasis vector. Format vector adalah gambar yang membentuk sejumlah objek garis dan objek kurva berdasarkan rumusan matematis. Format vector lebih banyak digunakan untuk membetnuk objek buatan, seperti menggambar objek dua demensi, yang lebih ditekankan ke dalam
pembuatan objek garis, lingkaran, polygon dan persegi panjang. Sedangkan untuk objek tiga dimensi, lebih ditekankan ke dalam pembuatan : bola, kubus dan tabung. Objek vector, banyak digunakan dalam pembuatan pengolahan teks dan logo. Software yang banyak berhubungan dengan format vector yaitu Corel Draw, freehand, dan lain-lain.Ruang penyimpanan format vector relafitf lebih kecil dibandingkan dengan format bitmap. beberapa kekurangan corel draw yang sering muncul:
1. memakan memori dan resource lain yang sangat besar apalagi bila gambar yang sedang dibuat mempunyai detail yang banyak. Pada PC yang low end penggunaan CDR sering menimbulkan pesan ‘crash’ pada system bahkan dalam proses effect bevel/emboss dalam PC yang bagus pun dapat timbul ‘hang’.
2. besar file yang dibuat membengkak
3. warna yang dicetak tidak akurat (tidak sesuai dengan tampilan layar) pada beberapa jenis printer
4. dalam pembuatan objek table tidak semudah membuat table dalam MS Word. Yaitu dengan cara yang sangat manual
5. apabila ada penggabungan objek vector dan photo/bitmap kualitas cetakannya kurang memuaskan, misalnya membuat cover buku yang terdapat objek text dan photo.
6. kompatibilitas versi CorelDraw banyak kendala dalam sharing ke versi lainnya.
Namun dari beberapa kekurangan tersebut, CorelDraw juga mempunyai kelebihan sehingga software grafis di lingkungan vector CorelDraw paling banyak digunakan (sangat popular) oleh para designer grafis. Kelebihannya antara lain :
1. exim (export-import) format grafis yang didukung sangat banyak sehingga membantu kompatibilitasnya.
2. mempunyai banyak tools dan effect yang memudahkan pembuatan objek vector (garis, lengkung, kotak) terutama dalam mendesain/redesign logo.
3. untuk duplikasi objek banyak sekali langkah yang bisa digunakan misalnya dengan menekan tombol ‘+’ pada keypad, Ctrl+D, Copas, Effect Blend, mirror transform dll.
4. font bawaan CorelDraw sangat banyak sehingga mencukupi dalam pembuatan logo dll.
Kesimpulannya untuk pembuatan desain setting (negative—kalkir–) terutama logo– cetakan sablon/offset yang membutuhkan keluaran printing black and white serta tidak membutuhkan manipulasi warna atau gradasi grayscale CorelDraw sangat membantu. Untuk keluaran printing yang membutuhkan manipulasi warna serta keluaran dalam format tampilan layar (monitor) disarankan menggunakan software grafis lainnya.

Sumber: Kimymoura.blog

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai blender, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1019/1/11107194.pdf
    trimakasih

    BalasHapus